Sabtu, 20 Mei 2023

Balai Bahasa Provinsi Papua Tes UKBI Siswa SMP Negeri 1 Biak Kota Tertinggi Se-Indonesia

 Balai Bahasa Provinsi Papua Tes UKBI Siswa SMP Negeri 1 Biak Kota Tertinggi Se-Indonesia

SMP Negeri 1 Biak Kota, 27 Maret – 1 April 2023 ikut berpartisifasi pada Uji Kemahiran Bahasa Indonesia dengan mendaftrkan kurang lebih dari 1/2 dari Siswa SMP Negeri 1 Biak Kota dengan jumlah keseluruhan peserta didik di SMPN 1 Biak Kota sebanyak 640 siswa.Pada tes UKBI tersebut SMP Negeri 1 Biak Kota sebagai Peserta terbanyak diantara sekolah yang lain dari kabupten Biak Numfor. 


Balai Bahasa Provinsi Papua bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor menyelenggarakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka bagi delapan sekolah di Kabupaten Biak Numfor, 27 Maret – 1 April 2023. Kedelapan sekolah tersebut adalah SMP Negeri 1 Biak, SMP Negeri 2 Biak, SMP Negeri 3 Biak, SMP YPK 1 Biak, SMP YPPK Biak, SMA Negeri 1 Biak, SMA Negeri 2 Biak, dan SMA Negeri 3 Biak. 

ukbi

UKBI merupakan instrumen uji untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia bagi penutur jati dan warga negara asing (WNA). UKBI setara dengan tes TOEFL dalam bahasa Inggris. Ada lima keterampilan berbahasa yang diukur dalam UKBI, yakni Menyimak (Seksi I), Merespons Kaidah (Seksi II), Membaca (Seksi III), Menulis (Seksi IV), dan Berbicara (Seksi V). Sebanyak 1.908 siswa mengikuti UKBI tersebut. Siswa SMP Negeri 1 Biak atas nama Ni Putu Gopi Priyajana Devi Dasi , kelas VIII meraih skor tertinggi, 734 dengan predikatITIMEWA  dan khusus peserta dari SMP Negeri 1 Biak Kota juga beberapa siswa yang berhasil mendapatkan nilai SANGAT  UNGGUL. NIlai yang diperoleh Oleh salah satu siswa SMP Negeri 1 Biak Kota ( Ni Putu Gopi Piyajana Devi Dasi) 

Dinas Pndidikan dan Kebudayaan Kabupaten Biak Numfor sangat mengapresiasi kegiatan tersebut . Kamaruddin, S. Pd. MM sebagai Kepala Dinas terus melakukan komunikasi dengan Balai Bahasa Provinsi Papua demi kelancaran tes UKBI terebut. Pada Puncak Kegiatan Festival Biak Pintar yang merupakan kegiatan dari Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023 turut dilaporkan kegiatan UKBI tersebut di hadapan Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S. Si., M. Pd. Bupati sangat mengapresiasi prestasi yang bisa diraih oleh peserta didik yang ikut dalam tes UKBI tersebut. 

Para peserta yang berhasil meraih nilai tertinggi atau ISTIMEWA selain mendapatkan hadiah berupa uang Tunia dan Sertifikat dari Balai Bahasa Provinsi Papua dan yang paling membanggakan serta bukti bahwa pemerintah kabupaten dalam hal ini Bapak Bupati Biak Numfor sangat mendukung degan memberikan hadia ke masing-masing peserta didik yang meraih nilai Istimewa. 

 Redaksi : Arman
COPYRIGHT © SMPN1BIAKKOTA 2023

Tidak ada komentar:

KEGIATANKU

Video Siswa SMP negeri 1 Biak Kota

www.smpn1biakkota.sch.id